Tips Mudah Merawat Kendaraan Semudah Senyuman

Para Narasumber "Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum"
(dok. Andini Harsono)

Berkendara di jalan raya tentunya harus banyak hal yang dipersiapkan. Selain persiapan kendaraan yang harus selalu terawat dengan baik, pengendara juga harus menyiapkan mental yang kuat. Apalagi berkendara di Ibukota seperti Jakarta. Luar biasa macet, luar biasa padat dan luar biasa bikin stress. Kalau kondisi kendaraan tidak prima maka membuat Anda sebagai pengendara kesulitan. Tentunya akan mengancam keamanan dan keselamatan Anda selama berkendara sehari-harinya.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan sendiri setiap hari untuk beraktivitas sebaiknya wajib rutin memperhatikan kondisi kendaraan Anda. Baik itu mobil atau motor. Pastikan mesin, body dan kelengkapan peralatan itu sudah aman semua agar tidak menimbulkan masalah ketika Anda sedang menggunakannya.

Mobil123.com bekerjasama dengan Pertamina Lubricants menggelar talkshow ringan yang membahas tentang merawat kendaraan baik mobil maupun motor dengan tema "Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum." Baru-baru ini kita mendengar banyak kasus kecelakaan yang merenggut nyawa si pengendara maupun orang lain. Salah satu faktornya mungkin saja karena lalai terhadap perawatan kendaraan tersebut.


Agung PrabowoTechnical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants memberikan tipsnya untuk merawat kendaraan semudah tersenyum. Berikut ini saya rangkum tips-tipsnya :

Merawat Mobil dengan mudah :

Ketersediaan Toolkit. Cek ketersediaannya dan kelengkapannya secara berkala tiap minggu. Pastikan juga mereka masih berfungsi dengan baik dan untuk mempermudah taruhlah pada satu box khusus dan simpanlah di tempat yang mudah dijangkau. 

Tekanan Angin. Ini bukan saja berlaku untuk mobil tapi untuk motor juga. Kondisi suhu akan mempengaruhi tekanan angin pada ban. Baiknya lakukan pengecekan rutin setiap minggu untuk memastikan tekanan anginnya aman.

Kondisi Jok Mobil. Bersihkan jok mobil menggunakan vacum cleaner agar semua debu dapat dibersihkan. 

Perhatikan Kebersihan Body Mobil. Seseorang sering lupa bahwa body mobil juga harus dicek kebersihannya. Sering tidak menyadari adanya goresan di sana.

Kebersihan Kaca. Setiap pemilik mobil memandikan mobilnya selalu beranggapan bahwa kaca juga sudah pasti bersih karena diguyur secara keseluruhan. Tapi sering melewatkan bagian sudut-sudut pada kaca yang justru banyak debu dan kotoran menempel di dalamnya. Kalau tidak dibersihkan segera maka akan mengakibatkan kaca buram, kusam dan goresan.

Fungsi Lampu Mobil. Perhatikan semua lampu mobil berfungsi sebagaimana mestinya. Karena semua lampu pada mobil akan membantu Anda berkendara.

Cek Oli Mesin. Oli mesin baiknya dicek secara berkala juga.

Cek Air Radiator. Pastikan air radiator tidak bocor karena apabila bocor akan mempengaruhi kinerja mesin.

Kondisi Aki. Pemeriksaan rutin aki bisa dilakukan dengan memeriksa level indikatornya.

Ban Serep. Jangan sampai terlewatkan untuk selalu menyediakan ban serep di bagasi mobil Anda. Jangan lupa juga cek kondisi ban tersebut agar sewaktu-waktu dibutuhkan dia dapat berfungsi dengan baik.


Sedangkan untuk merawat motor dengan mudah antara lain sebagai berikut :

Cek Kondisi Oli. Dengan membersihkan kerak sisa pembakaran atau kotoran dari sisa keausan komponen itu sendiri adalah cara mudah mengecek kondisi oli. Jangan lupa juga kalau olinya sudah berwarna kehitaman segera ganti dengan oli rekomendasi pabrik.

Cek Kondisi Aki. Jangan biarkan air aki pada batas minimum atau maksimum. Aki akan mempengaruhi pembakaran tidak sempurna atau boros bahan bakar apabila tidak bekerja dengan baik.

Periksa Rantai dan Gir. Jangan sampai rantai kendor atau kekencangan. Periksa kondisi girnya. Segera perbaiki agar aman berkendara.

Periksa Kabel Koil dan Busi. Ganti kabel koil dan busi jika sudah berumur.

Perhatikan Selang Bensin. Perhatikan dengan baik jangan sampai ada retakan.

Panaskan Motor Secukupnya. Panaskan motor cukup 2 menit saja. Apabila sering digunakan cukup 2 menit, apabila jarang bisa hingga 10 menit.

Gunakan Part Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrikan

Jangan Lupa Cuci Motornya. Seperti halnya Anda, motor juga harus mandi dan dibersihkan.

Ipoet Kusumonegoro dan Agung Prabowo
(dok. Andini Harsono)

Ipoet Kusumonegoro, bikers perempuan yang hobi mengendarai motor gede juga menyarankan untuk selalu merawat kendaraan. "Saya selalu memperlakukan motor-motor saya itu seperti pacar saya. Jadi ya saya sayang-sayang dan rawat dengan baik." jelasnya sambil tertawa. Anak dari pelawak legendaris Indro Warkop ini sering mengadakan touring bersama komunitasnya. Kalau akan touring tentunya harus memastikan kendaraan benar-benar siap digunakan dan aman. Ipoet juga menambahkan bahwa menjadi pengendara perempuan bukan berarti tidak bisa mengatasi apabila motor sedang ada masalah dalam perjalanan.

Sementara itu, Syaifudin selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants menjelaskan, perawatan motor atau mobil jangan sampai melewatkan kondisi olinya. Penggantian oli secara berkala di bengkel resmi sekaligus service rutin.  Oli harus rajin diganti untuk menjaga performa mesin motor karena di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja.

Syaifudin, Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants
(dok. Andini Harsono)

Penggantian oli sebaiknya dilakukan secara rutin. Pelumas mesin ini perlu diganti jika sudah masanya agar kondisi motor tetap prima. Fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung. Bagi Anda yang memiliki motor matic bisa menggunakan Enduro Matic G SAE 20W-40 API SL JASO MB yang memang sudah didesain khusus untuk penggunaan sehari-hari pada mesin sepeda motor dengan transmisi otomatis (CVT). Beberapa keunggulannya adalah harga lebih terjangkau dengan kualitas di atas genuine oil pada umumnya, bahan baku semi sintetik, wangi, dan telah didesain untuk perlindungan terhadap keausan, konsumsi BBM dan akselerasi optimal. 

Selain itu, bagi Anda pengendara motor jangan lupa juga kelengkapan lainnya seperti helm standar SNI (pastikan bunyi klik ketika digunakan), sarung tangan, masker, kacamata, jaket dan pelindung dada serta gunakan sepatu yang nyaman untuk digunakan berkendara. Utamakan keselamatan dan keamanan dalam berkendara yaa. Jangan lupa juga untuk menjaga etika ketika berkendara agar semua senang, semua aman, ingat keluarga menunggu di rumah hehe :)

Oli Enduro Matic G, PT Pertamina Lubricants
(dok. Andini Harsono)

(dok. Andini Harsono)

Komentar

  1. Etika berkendara. Betul sekali itu! Banyak orang yang lupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak orang lupa apalagi kalau sudah macet ya sudah :(

      Hapus
  2. Jadi ada beberapa poin ya? Merawat kendaraan, perhatikan spare part dan junjung tinggi etika saat mengendara. Noted.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, etika yang banyak orang lupakan. Kalau belum bisa bermanfaat bagi orang lain, setidaknya tidak merugikan orang lain :)

      Hapus
  3. Semoga tetep awet kendaraannya yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mas Jun, dirawat baik2 biar tetap baik :)

      Hapus
  4. Yg penting etika berkendara biar gak asal jalan aja hehehe

    BalasHapus
  5. tipsnya bermanfaat apalagi buat saya yang suka bawa kendaraan. Mang kudu rajin biar kendaraan awet dan kita aman di perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul Mba Hanni. Harus rajin merawatnya :)

      Hapus
  6. Weww penting banget ini, lumayan buat referensi perawatan kendaraan. Saved!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Achi. Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum berkendara yaa :) terima kasih telah mampir :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Murah ke Gunung Mas Puncak Bogor

Sensasi Tea Time Pertama Kali di TWG

Kabupaten Banyumas Akan Menjadi Destinasi Saya Selanjutnya