Goesar Souvenir : Nuansa Baru Souvenir Indonesia

North Sumatra dan Belitung dari Goesar Tourist Souvenir
(dok. Andini Harsono)

Seperti yang diketahui bersama, pemerintah Indonesia sedang giat-giatnya melakukan promosi wisata guna membangkitkan perekonomian di sektor pariwisata. Saat ini sudah mulai terlihat geliat perekonomian di beberapa destinasi nge-hits Indonesia. Tentunya keberhasilan tersebut tidak akan berjalan tanpa dukungan beberapa faktor antara lain infrastruktur, SDM, hingga penyediaan cendera mata destinasi tersebut.

Ketika sedang jalan-jalan apa hal yang paling dicari oleh traveller? Jawabannya pasti destinasi menarik yang masih belum pernah dikunjungi, entah itu wisata alam, wisata budaya, atau wisata kuliner semuanya dicoba. Selain itu traveller juga pasti mencari pernak-pernik cantik dari daerah yang ia singgahi. Biasanya nih di hari terakhir jadwal perjalanannya, para traveller mencari pusat kerajinan atau pusat oleh-oleh membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Terkadang jarang sekali mendapatkan souvenir berkualitas baik dengan harga yang bersahabat. Malah sering kali harganya lumayan tapi kualitas yang didapatkan sungguh mengecewakan.

Aneka souvenir produk Goesar Tourist Souvenir
(dok. Andini Harsono)


Melihat kesempatan untuk mengembangkan bisnis di bidang souvenir, PT Goesar Trading Persada (Goesar Tourist Souvenir Indonesia) memberikan solusi tentang bagaimana traveller mendapatkan souvenir dengan kualitas baik, desain menarik, dan harga kompetitif. Ide yang muncul adalah membuat souvenir costum yang menceritakan tentang wisata alam dan budaya suatu daerah di Indonesia dengan desain khusus dan di balik kemasannya terdapat introduction tentang bentuk souvenir tersebut. Kemudian tertulis juga tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Misalkan North Sumatra maka yang tertulis di baliknya adalah Medan, Bukit Lawang – Bohorok, Samosir Island – Toba Lake, Supisopiso Waterfalls, dan Nias Island untuk saran tempat-tempat yang sebaiknya dikunjungi.

Goesar Tourist Souvenir telah memproduksi beberapa jenis produknya antara lain gantungan kunci, pembuka botol, lighter chase, bag luggage, piring pajangan, botol minum, sandal, tumbler, dan lain sebagainya. Semua itu didesain khusus dengan keunikan masing-masing tempat wisatanya seperti rumah adat, pakaian adat, senjata, pulau, dan satwa yang menjadi icon tempat tersebut.

(dok. Andini Harsono)

(dok. Andini Harsono)


Daerah yang menjadi target diproduksi adalah Sumatra Utara, Belitung, Jakarta, Wakatobi, Labuan Bajo, Manado, Toraja, Mandalika, Raja Ampat, Kepulauan Seribu dan Borobudur sesuai dengan program pemerintah untuk memajukan wisata di daerah-daerah tersebut. Namun untuk produksi tahap I ini, Goesar Tourist Souvenir baru memproduksi Sumatra Utara dan Belitung. Secara bertahap daerah lainnya akan segera diproduksi. Harga yang ditawarkan variatif sesuai jenis souvenir yaitu diantara Rp. 30.000,- - Rp. 1.500.000,-. Goesar Tourist Souvenir juga tidak bekerja sendirian, dengan merangkul UKM di tempat tujuan wisata tersebut, maka target produksi akan terpenuh dengan segera sekaligus memberi peluang UKM untuk turut berkembang.

Dengan meluncurkannya souvenir unik, berkelas, dan kreatif merupakan bagian dari peran proaktif Goesar Tourist Souvenir untuk mendukung program pemerintah yang mencanangkan kebangkitan pariwisata Indonesia serta mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah tujuan wisata di Indonesia. Produk souvenir berbeda memberikan nuansa baru dalam industri souvenir yang selama ini dikenal berbentuk monoton. Nuansa baru pada souvenir ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan traveller dengan harga terjangkau namun kualitas produk tidak kalah dari souvenir-souvenir dari negara tetangga. Sehingga orang Indonesia semakin bangga memberikan cendera mata untuk kerabat di luar negeri dan juga wisatawan asing dengan bangga membawa pulang souvenir dari Indonesia.

Launching Goesar Tourist Souvenir 2017
Minggu, 28 Mei 2017, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(dok. Andini Harsono)

Produk Goesar Tourist Souvenir bisa didapatkan melalui pemesanan online di www.touristsouvenirindonesia.co.id dan saat ini telah dilakukan kerjasama dengan Angkasa Pura agar bisa dibeli di galeri souvenir bandara, lalu ada juga di TMII melalui galeri souvenir pada tiap-tiap anjungan sesuai dengan desain tujuan wisatanya dan hotel-hotel yang memiliki galeri souvenir seperti Hotel Harris.

(dok. Andini Harsono)


Akhirnya gantungan kunci seri Belitung berhasil saya bawa pulang ketika hadir pada “Launching Goesar Souvenir 2017, Beautiful Culture of Indonesia” di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 28 Mei 2017. Setelah membaca Things To Do yang tertulis di balik kemasannya, membuat saya segera menjadwalkan Belitung sebagai tujuan wisata selanjutnya ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Murah ke Gunung Mas Puncak Bogor

Sensasi Tea Time Pertama Kali di TWG

Kabupaten Banyumas Akan Menjadi Destinasi Saya Selanjutnya