Bertamasya Seru dan Edukatif di Taman Satwa Lembah Hijau

Burung Pelikan Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)
Kalau ke Lampung selalu penasaran ingin ke Way Kambas karena saya belum pernah kesana. Tapi karena jarak yang jauh dan kami (#BloggerCihuyNgetrip) gak punya waktu lebih, maka kami mencari alternatif lain dan menemukan Taman Satwa Lembah Hijau Kota Bandar Lampung. “Ada kebun binatang di tengah kota?” batinku.

Area Lembah Hijau sendiri dibagi menjadi Taman Satwa, Taman Wisata dan Waterboom dengan total luas 14 hektar. Sesudah pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan Burung Pelikan yang berbaris cantik di kandangnya. Kandang yang dimaksud di Lembah Hijau adalah benar-benar seperti rumah mereka di alam lepas.Yang membedakan Taman Satwa Lembah Hijau dengan kebun binatang lainnya adalah di sini semua hewan tidak dikurung dalam kandang yang sempit. Kandang dibuat seperti layaknya rumah mereka di alam bebas. Konsepnya taman jadi ya setiap kandang memang ada taman/tumbuhan. Ada 36 jenis hewan yang dipelihara di sini. Dan yang menarik adalah gajah. Tidak perlu jauh-jauh ke Way Kambas untuk bercanda bersama gajah. Sayangnya saya tidak mendapatkan kesempatan untuk naik dan jalan-jalan bersama gajah tapi saya sempat bercanda dengan Aris dan Mega (nama gajah-gajah yang menyambut kami). Taman Satwa Lembah Hijau juga ada dokter hewannya sehingga ketika ada hewan yang sakit langsung bisa ditangani.

Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Sangat lucu ketika sang pelatih bilang, “Mega senyum. Difoto senyum.” Dan sang gajah pun membuka mulut, melipat belalai dan tersenyum. Ternyata dia sadar kamera. Belalainya pun sering dilambai-lambaikan, mungkin artinya dia dadah dadah menyambut para pengunjung yang semua memanggilnya. Mengesankan.

Bersama Mega - Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Candaan Mega - Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)

Taman Satwa dan Taman Wisata Lembah Hijau dikelola oleh swasta. Sangat bersih dan lebih terawat. #BloggerCihuy nyaman dan senang ketika berada di sini. Sejuknya pepohonan dan suara-suara binatang menambah ketenangan hati kami. Harga tiket masuk ke Taman Wisata Rp. 10.000,-, Taman Satwa Rp. 25.000,- dan Waterboom Rp. 25.000,- tidak ada perbedaan harga baik hari kerja maupun hari libur. Di Taman Satwa Lembah Hijau juga ada pentas satwa pertama kali di Sumatera, ya hanya di sini. Taman Satwa Lembah Hijau juga menjadi ruang edukasi bagi para siswa.

Tempat Pentas Satwa - Taman Satwa Lembah Hijau
(dok. Andini Harsono)
Sambil mengarah pulang, kami singgah di Waterboomnya. Beningnya kolam renang dan permainan seluncurnya menggoda kami untuk nyemplung. Lagi-lagi kami diburu waktu untuk segera kembali ke Jakarta. Lembah Hijau Bandar Lampung bisa menjadi pilihan tempat masyarakat untuk berlibur yang menambah wawasan kita tentang satwa dengan harga terjangkau.

#BloggerCihuyNgetrip #LampungCihuy
(dok. Resi)

Ingat ya, kalau kamu ke sini jangan kotori tempat ini. Jaga dan rawat lingkunganmu. Jangan biarkan tangan-tangan jahil merusak tempat yang sudah indah ini. Biarkan satwa-satwa hidup dengan tenang, damai dan senang. Taman Satwa, Taman Wisata dan Waterboom Lembah Hijau berada di Jalan Raden Imba Kesuma Ratu No. 21, Sukadanaham, Tanjung Karang Barat – Bandar Lampung.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Murah ke Gunung Mas Puncak Bogor

Sensasi Tea Time Pertama Kali di TWG

Kabupaten Banyumas Akan Menjadi Destinasi Saya Selanjutnya