3 Hari 2 Malam #mainjalan ke Kuala Lumpur

When In Kuala Lumpur - Batu Caves
design by canva
re-resign by #mainjalan

Bagi Anda yang ingin liburan ke Kuala Lumpur tapi tidak memiliki waktu banyak atau hanya ingin memanfaatkan weekend saja tanpa harus ambil cuti kantor, Anda bisa memaksimalkan waktu dengan liburan tetap menyenangkan.

Kalau boleh saya gambarkan perjalanan Anda seperti ini.

Jumat.
Hari Jumatnya Anda bisa mengambil penerbangan malam misalkan pukul 21.00 WIB sehingga Anda masih bisa mengatur waktu setelah pulang kantor. Dengan melakukan check in online pada web sebelumnya Anda bisa langsung print boarding pass mandiri tanpa harus antri di counter check in. Catatannya Anda tidak memiliki tas untuk bagasi ya lagipula Anda kan cuma 3 hari hehe.

Sampai di KLIA tengah malam Anda bisa langsung menuju hotel untuk menginap. Terlebih dahulu Anda bisa melakukan konfirmasi waktu Check in Anda kepada pihak hotel bahwa Anda akan datang tengah malam. Saran saya, Anda ambil hotel di sekitar KL Sentral karena dari KLIA Anda hanya perlu naik bus menuju ke KL Sentral kemudian dilanjutkan jalan kaki saja.

Sabtu.
Kalau Anda menginap di KL Sentral, di sekitar sana banyak restoran dan warung-warung kecil (semacam warteg) yang menjual sarapan pagi. Pilihannya bisa nasi lemak atau hanya makan roti cane dan segelas milo hangat.

Setelah mengisi bensin di perut, bergegaslah menikmati Kuala Lumpur di pagi hari dengan menuju Genting Highlands. Cuaca di Genting lebih dingin dibandingkan di Kuala Lumpur. Transportasi ke Genting cukup mudah, Anda tinggal berjalan ke terminal KL Sentral (tempat Anda turun dari bus KLIA) dan mencari counter bus ke Genting. Saran saya, belilah tiket pergi dan pulang agar Anda tenang karena biasanya weekend banyak pelancong yang pergi ke sana. Perjalanan menuju Genting kurang lebih 1 jam menggunakan bus.


Awana Skytrain
doc : @mainjalan

Naiklah Awana Skytrain untuk melihat keindahan Genting dari kereta gantung. Sebelum mencapai stasiun skytrain terakhir, mampirlah di Chin Swee Temple. Anda akan mengagumi kuil dengan arsitektur khas di atas bukit nan dingin.


Chin Swee Temple - Genting Highlands
doc : @mainjalan

Mencapai stasiun akhir Anda akan berada di sebuah mall. Berkelilinglah untuk akhirnya melihat pertunjukkan multimedia kekinian di main lobby-nya. Puas berkeliling, jangan lupa perhatikan tiket pulang Anda kembali ke Kuala Lumpur.

Setelah kembali dari Genting Highlands, Anda bisa menikmati sore di Bukit Bintang hingga makan malam di Alor Street. Transportasi yang mudah menggunakan LRT menuju Bukit Bintang dan berjalan kaki menuju Alor Street.

Minggu.
Seperti biasa, setelah mengisi perut pagi hari, jangan lupa titipkan barang bawaan Anda di hotel sekalian check out agar Anda tidak repot membawa barang-barang ketika berkeliling.

Tujuan pagi ini adalah ke Batu Caves. Anda bisa menggunakan LRT ke arah Gombak dan berhenti di Stasiun Pasar Seni. Dari Stasiun Pasar Seni berjalanlah keluar stasiun dan menyebrang ke stasiun kereta api Kuala Lumpur. Belilah tiket ke arah Batu Caves atau stasiun tujuan akhir.


Mesin pembelian tiket LRT secara mandiri dan tiket LRT bentuknya seperti koin
doc : @mainjalan

Di Batu Caves Anda bisa memberi makan burung dengan membeli makanannya sekitar RM 5 dan Anda juga bisa naik ke atas kuilnya. Tapi ingat jangan biarkan kera-kera di sana merampas barang-barang milik Anda. Pastikan Anda tidak menggunakan kacamata, topi, tas yang mengundang untuk dirampas serta jinjingan plastik berisi makanan. Sebelum pulang sembari jalan ke arah stasiun, Anda bisa mampir ke Ramayana Caves. Biaya masuknya RM 5. Di sini adalah miniatur cerita Ramayana versi India.


Memberi makan burung di Batu Caves
doc : @mainjalan
Ramayana Caves
doc : @mainjalan

Setelah puas menikmati Batu Caves, gunakan kereta untuk kembali ke Pasar Seni. Keluar dari stasiun Anda bisa berjalan kaki menuju ke Central Market, Petailing Street/Chinatown, Titik 0 Kilometer dan Dataran Merdeka.


Central Market
doc : @mainjalan

Di Central Market Anda bisa membeli oleh-oleh khas Malaysia. Biasanya sih cokelat dan Milo. Lalu bisa memanjakan lidah dengan kulineran di Petailing Street. Tenang, di sini banyak makanan halalnya kok.

Menjelang waktu Ashar, Anda bisa menuju ke Masjid Jamek menggunakan LRT dan turun 1 stasiun setelah Pasar Seni yaitu Stasiun Masjid Jamek. Kalau Anda pecinta jalan kaki, Anda juga bisa berjalan kaki menuju ke Masjid ini. Jangan lupa pastikan Anda berpakaian sopan ketika masuk ke Masjid ini meskipun Anda tidak melakukan ibadah di sini.


Masjid Jamek
doc : @mainjalan

Dari Masjid Jamek, Anda menikmati sore hingga matahari terbenam di KLCC/Twin Towers. Menuju ke KLCC Anda bisa menggunakan LRT.


KLCC Twin Towers
doc : @mainjalan

Untuk kembali ke Jakarta, Anda bisa memilih penerbangan paling malam yaitu Pukul 22.30 waktu Kuala Lumpur atau penerbangan paling pagi keesokan harinya, atau Senin pagi.

Bus KL Sentral – KLIA melayani hingga pukul 02.00 setiap harinya. Jadi kalau Anda mengambil penerbangan paling pagi di hari Senin, Anda bisa puas menghabiskan malam di KLCC hingga pukul 21.00 kemudian kembali ke hotel untuk ambil barang-barang dan bergegas ke bandara menggunakan bus.

Alternatif lain untuk menyimpan barang bawaan Anda adalah tempat penitipan barang di stasiun KL Sentral. Letaknya ada di sebelah toilet perempuan samping eskalator yang menuju ke NU Sentral Mall.

Nah itulah itinerary perjalanan 3 hari 2 malam ke Kuala Lumpur. Apabila Anda tidak ingin ke Genting, Anda bisa menggantinya dengan ke Taman Kupu-kupu Kuala Lumpur, Taman Burung Kuala Lumpur, Menara Kuala Lumpur, Sunway Lagoon, Aquaria KLCC, Museum Negara Malaysia, dan Bukit Nanas. Tentunya disesuaikan dengan budget Anda ya.

Bagaimana tertarik untuk #mainjalan bareng ke Kuala Lumpur? Segera rencanakan perjalanan Anda :)

Traveling with #mainjalan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Murah ke Gunung Mas Puncak Bogor

Sensasi Tea Time Pertama Kali di TWG

Kabupaten Banyumas Akan Menjadi Destinasi Saya Selanjutnya