10 Kuliner Wajib Coba Ketika Di Malaysia

10 Kuliner Wajib Coba di Malaysia - Design Canva
Add caption10 Kuliner Wajib Coba di Malaysia - Design Canva


Ketika MainJalan yang paling seru adalah waktu berburu kuliner khas suatu daerah atau Negara yang sedang dikunjungi. Malaysia salah satunya. Masakan Melayu yang pas dilidah siap memanjakan perut teman MainJalan kalau sedang piknik ke sana. Berikut ini 7 kuliner Melayu yang patut dicoba ketika MainJalan ke Malaysia.


Nasi Lemak


Nasi Lemak disajikan dalam bungkusan daun dengan lauk teri goreng, kacang goreng, telur rebus, timun, dan sambal. Rasa nasinya mirip-mirip Nasi Uduk, gurih. Nasi Lemak juga bisa ditambahkan lauk selain lauk wajibnya, biasanya ada ayam goreng atau ikan goreng. Nasi Lemak disantap di pagi hari sebagai menu sarapan dan biasa ditemui di kedai-kedai makanan Melayu atau Mamak-mamak yang jualan di pinggir jalan.



Nasi Lemak - Doc. IDN Times
Nasi Lemak - Doc. IDN Times


Kalau teman MainJalan sedang berada di Kuala Lumpur, Anda bisa menemukan Nasi Lemak dengan lauk beraneka ragam di samping Central Market tepatnya di depan Restoran Yusoof dan Zakhir. Jika Anda sedang menginap di sekitar KL Sentral maka Nasi Lemak bisa ditemui di Kedai Mamak depan Hotel My Hotel @Brickfields. Atau jika Anda ingin sekalian jalan-jalan di Kampung Melayu maka Anda bisa berkunjung ke Kampung Bahru, di sana terdapat deretan Kedai yang menjual Nasi Lemak. Eits tapi jangan kesiangan ya. Biasanya kedai buka hingga pukul 10.00 saja.


Nasi Kandar


Nasi Kandar bisa menjadi menu makan tengah hari (siang). Nasi Kandar lebih mudah ditemui karena sebagian besar restoran di Malaysia menyediakan menu ini. Contohnya Restoran Yusoof dan Zakhir. Nasi Kandar Kari Ayam-nya juara. Kalau beruntung, Anda juga bisa mencicipi Ayam Masak Merah sebagai lauk dari Nasi Kandar ini. Selain itu, ada telur asin, okra, sotong, udang, dan ikan goreng bisa melengkapi kelezatan makan Nasi Kandar.



Nasi Kandar Pokok Ketapang Ayam Merah - Doc. Hungry Onion
Nasi Kandar Pokok Ketapang Ayam Merah - Doc. Hungry Onion


Nasi Kandar menjadi nikmat karena kuahnya yang banjir serta makan pakai tangan (tidak menggunakan sendok). Bumbu rempahnya membuat hangat badan. Porsi Nasi Kandar cukup banyak, jadi pastikan Anda benar-benar sedang lapar ya.


Nasi Kerabu


Nasi yang berwarna kebiruan ini selalu diburu para wisatawan ketika berkunjung ke Malaysia. Nasi Kerabu biasa disajikan dengan lauk pauk seperti ikan kering, ayam goreng, telor asin, ayam bakar, kerubuk dan berbagai sayuran. Saat ini Nasi Kerabu cukup sulit ditemukan karena bahan pewarna yang alami untuk nasinya sudah cukup sulit ditemukan.



Nasi Kerabu - Doc. Tasteatlas.com
Nasi Kerabu - Doc. Tasteatlas.com


Jadi jika Anda sedang berada di Malaysia, coba ditanya ke sekitar barangkali ada yang masih menjual Nasi Kerabu hehe.


Nasi Ayam


Menu nasi favorit wajib coba lainnya adalah Nasi Ayam. Nasi gurih dengan lauk ayam rebus dilengkapi sambal, kecap asin dan kuah kaldu ayam membuat teman MainJalan happy dan kenyang hehe. Selain ayam rebus, Nasi Ayam biasa disajikan dengan lauk ayam panggang. Jika sedang berada di Penang, jangan sampai terlewatkan makan Nasi Ayam yang bisa didapatkan dengan mudah sepanjang kedai makan di sana.



Nasi Ayam - Doc. DetikFood.com
Nasi Ayam - Doc. DetikFood.com


Laksa


Ada jenis Laksa di Malaysia berdasarkan tempatnya. Mungkin seperti Soto ya kalau di Indonesia, ada Soto Betawi (dari Jakarta), Soto Kudus (dari Kudus), Soto Madura (dari Madura) dan sebagainya. Laksa juga sama, Laksa Penang (dari Penang), Laksa Johor (dari Johor), Laksa Serawak (dari Serawak) dan sebagainya. Menurut MainJalan, sulit membedakan antara Laksa Penang dan Laksa Johor, mungkin karena belum familiar saja karena makan Laksa hanya ketika di sana.



Laksa - Doc. idpinterest
Laksa - Doc. idpinterest


Jika Anda sedang berada di Penang, jangan sampai tidak mencicipi Laksa yaa. Rasa kuahnya yang hmmm asem, gurih, manis membuat ketagihan dan bisa jadi rindu ingin makan lagi hehe. Laksa berisi mie, telur rebus, irisan bawang merah besar, irisan timun dan irisan cabai.


Mee Goreng Mamak 


Mee Goreng Mamak bisa menjadi pilihan menu makan malam teman MainJalan ketika berada di Malaysia. Makanan ini juga mudah ditemukan di berbagai restoran atau kedai makan. Mee goreng yang digoreng tidak terlalu kering serta terdapat banyak kecap menjadikan khas dari makanan ini. Sebenarnya isinya sama saja dengan mie goreng yang biasa seperti sayuran, telur, bakso dan ayam. Mee Goreng Mamak memiliki ciri khas sayurannya ditambah tauge dan tomat. Rasanya? Jangan ditanya yaa. Kalau yang suka pedas, Anda bisa request ditambahkan cabai potong, karena Mee Goreng Mamak lebih manis dari mie goreng biasa.


 

Mee Goreng Mamak - Doc. travel2penang.com
Mee Goreng Mamak - Doc. travel2penang.com

Pasembur


Penang merupakan pusat kuliner Melayu yang seru. Pasembur salah satu kuliner yang wajib dicoba. Pasembur mirip Gado-gado kalau di Indonesia. Pasembur berisi tahu, telur, bakwan udang, tauge dan ketupat yang disiram kuah kacang. Ada beberapa kedai legend yang khas menjual pasembur di Penang salah satunya Kareem Pasembur Rojak di Union Street, 10200 Penang (belakang Standard Chartered Bank).


Pasembur - Doc. https://penangfoodie.com/top-5-best-pasembur-to-eat-in-penang/
Pasembur - Doc. https://penangfoodie.com/top-5-best-pasembur-to-eat-in-penang/


Rojak Buah


Sama seperti rujak di Indonesia, Rojak Buah berisi buah-buahan potong yang disiram bumbu kacang dan gula merah. Rojak biasanya langsung dicampur dengan bumbunya dan dengan rasa yang cukup pedas. Rojak mudah ditemukan di kedai-kedai makan bersamaan dengan Pasembur dan Laksa.



Rojak Penang - Doc. Food Advisor https://www.foodadvisor.my/best-rojak-penang
Rojak Penang - Doc. Food Advisor https://www.foodadvisor.my/best-rojak-penang


Karipap


Karipap merupakan pastel berisi kentang dengan bumbu kari. Makanan yang biasa disajikan sebagai teman minum teh atau kopi ini sangat menggugah selera. Di Jakarta sendiri sulit menemukan Karipap. Tapi jika Anda merindukan makan Karipap, Anda bisa membelinya di Old Chung Kee hehe.



Karipap - Doc. cookpad.com
Karipap - Doc. cookpad.com


Cekodok


Cekodok merupakan gorengan yang biasa disajikan untuk teman minum petang. Cekodok Pisang sangat mudah membuatnya. Gorengan berbentuk kecil dan bulat ini membuat gemas ketika makan. Rasanya tidak cukup satu ya hehe.



Cekodok Pisang - Doc. Pinterest.com
Cekodok Pisang - Doc. Pinterest.com


Itulah 10 kuliner wajib coba ketika MainJalan di Malaysia. Mungkin kalau di Kuala Lumpur agak susah mencari makanan khas Melayu, tapi kalau di Penang, jangan sampai lolos kulineran yaaaa…

Selamat mencoba :)


Tidak ada komentar